PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Tokopedia)
Main Authors: | Alfany, Ajenz, Soengkono, Soengkono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12778/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/12778/ |
Daftar Isi:
- Saat ini, teknologi internet mempengaruhi gaya hidup masyarakat, terutama masyarakat yang memiliki kebiasaan bertransaksi dan berbelanja dengan memanfaatkan media internet. Online Shopping adalah salah satu bentuk perdagangan elektronik yang menyediakan kemudahan dalam bertransaksi, menawarkan produk yang lebih besar, aksesibilitas, serta kenyamanan tanpa batasan waktu dan ruang (Brynjolfsson dan Smith, 2000). Salah satu bentuk online shopping adalah situs jual beli online Tokopedia. Untuk menggunakan situs Tokopedia, konsumen harus memiliki kepercayaan dan kualitas informasi agar dapat melakukan keputusan pembelian secara online di situs tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara kedua variabel tersebut, yaitu kepercayaan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. Pada penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability, yaitu dengan menggunakan teknik snowball. Tehnik ini menunjukkan bahwa kriteria sampel yang digunakan adalah member atau anggota Tokopedia ataupun non anggota yang pernah melakukan pembelian secara online pada Forum Jual Beli (FJB) Tokopedia.com. Oleh karena itu, konsumen yang tidak pernah melakukan pembelian secara online di Tokopedia tidak dapat menjadi responden pada penelitian ini. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, didapatkan dengan menyebarkan link kuesioner secara online kepada responden melalui social media, yaitu Facebook, Path, Line dan Blackberry Messenger (BBM). Sampel yang digunakan sebanyak 126 responden.