FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ACCOUNTING KNOWLEDGE SHARING INTENTION MELALUI INTERNET PADA MAHASISWA AKUNTANSI

Main Authors: Andayani, Seprizah, Halimatusyadiah, Halimatusyadiah
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12673/1/SKRIPSI%20SEPRIZAH%20ANDAYANI%20C1C012015.pdf
http://repository.unib.ac.id/12673/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi accounting knowledge sharing intention melalui internet pada mahasiswa akuntansi. Menggunakan model TPB (Theory of Planned Behavior), knowledge sharing intention dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu knowledge sharing attitude, subjective norm, dan perceived behavior control. Knowledge sharing attitude dipengaruhi oleh faktor motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, absortive capacity, dan channel richness. Responden dalam penelitian ini adalah 168 mahasiswa angkatan 2012 dan 2013 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu yang memiliki akun email, blog, dan twitter atau salah satu dari ketiganya dan minimal pernah satu kali berbagi pengetahuan akuntansi melalui akun-akun tersebut dalam satu semester. Teknik analisa menggunakan bantuan program SmartPLS 2.0 M3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik berpengaruh positif signifikan terhadap knowledge sharing attitude, absortive capacity berpengaruh positif signifikan terhadap knowledge sharing attitude, motivasi ekstrinsik tidak berpengaruh terhadap knowledge sharing attitude, channel richness tidak berpengaruh terhadap knowledge sharing attitude, knowledge sharing attitude berpengaruh positif signifikan terhadap knowledge sharing intention, perceived behavior control berpengaruh positif signifikan terhadap knowledge sharing intention, dan subjective norm tidak berpengaruh terhadap knowledge sharing intention.