KINERJA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DAN PENANAMAN MODAL (BPPTPM) DALAM PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | SAPUTRA, EDO, Aminudin, Achmad, Tarigan, Jarto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12626/1/Tesis%20Edo%20Saputra.pdf http://repository.unib.ac.id/12626/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apakah Kinerja Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal dalam pelayanan pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan dilihat dari aspek produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas di Kota Bengkulu.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan deskriptif dan pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan sebanyak 11 orang yang terdiri dari Pegawai Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kota Bengkulu 9 orang dan masyarakat yang mengurus izin sebanyak 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya problem, yaitu: 1) Dalam proses syarat pendaftaran, salah satunya adalah melampirkan surat izin HO, sehingga harus menunggu proses pembuatan HO terlebih dahulu 2) Proses pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan harus menunggu rekomendasi dari dinas terkait, yaitu Dinas Perdagangan Kota Bengkulu. Apabila Belum ada surat rekomendasi tersebut maka proses belum bisa dilaksanakan 3) Jarak antara Dinas terkait dengan Kantor BPPTPM jauh sehingga membutuhkan waktu dan biaya di mana anggaran untuk akomodasi tidak dianggarkan oleh BPPTPM Kota Bengkulu.