STRATEGI PEMASARAN KOPI DURIAN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA SAHABAT DI KOTA LUBUKLNGGAU PROVINSI SUMATERA SELATAN
Main Authors: | Erlina, Vivi, Badrudin, Redy, Reswita, Reswita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12624/1/skripsi%20vivi%20erlina.pdf http://repository.unib.ac.id/12624/ |
Daftar Isi:
- Industri kopi yang ada di Indonesia sangat beragam, ada yang dari unit skala rumah tangga hingga yang berskala multinasional. Keragaman industri kopi dikarenakan tingginya permintaan kopi sehingga menjadikan industri kopi mempunyai pasar yang cukup cemerlang. Walaupun demikian, setiap industri haruslah mempunyai strategi tertentu dalam menghadapi pesaing lainnya. Hal ini dilakukan di industri rumah tangga kopi bubuk “sahabat” yang berdiri sejak tahun 1997 yang merupakan salah satu industri rumah tangga mendapatkan penghargaan dari Kementrian Perindustrian atas inovasi dalam menciptakan rasa baru yaitu kopi dengan rasa durian atau sering disebut kopi durian. Kopi durian ini akan dijadikan salah satu kopi yang khas dari kota lubuklinggau. Dalam pengembangannya sebagai produk baru, industri rumah tangga kopi durian “sahabat” mempunyai cara dan strategi tersendiri dalam usaha menarik minat beli para konsumen. Hanya saja, industri rumah tangga kopi durian “sahabat” belum menerapkan strategi pemasaran yang maksimal sehingga industri rumah tangga “sahabat” perlu merumuskan strategi lainnya serta prioritas strategi pemasaran yang efektif sebagai upaya dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dari industri ini. Tujuan dari penenlitian ini adalah 1) untuk mengetahui prioritas kriteria dalam memasarkan kopi durian pada Industri Rumah Tangga “Sahabat” di Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan dan 2) untuk mengetahui prioritas strategi pemasaran kopi durian pada Industri Rumah Tangga “ Sahabat” di Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan. Dalam penelitian ini, metode pengambilan keputusan untuk menentukan prioritas kriteria dan strategi pemasaran digunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil analisis dengan Analytical Hierarchy Process (AHP), diketahui bahwa prioritas kriteria kriteria yang menjadi prioritas utama setelah dilakukan penelitian dalam pemilihan strategi pemasaran kopi durian pada Industri Rumah Tangga Sahabat adalah kondisi finansial. Kondisi finansial mempunyai bobot sebesar 0.2557. Untuk prioritas utama strategi pemasaran kopi durian sahabat yang terpilih dengan menggunakan metode AHP adalah strategi harga dengan bobot 0.392.