EVALUASI PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI RUMAH SAKIT HASANUDDIN DAMRAH KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Hartati, Yetmi, Putri, Retno A. Eka, Yefriza, Yefriza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12623/1/Tesis%20YETMI%20HARTATI.pdf http://repository.unib.ac.id/12623/ |
Daftar Isi:
- Salah satu tujuan pendirian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD RI 1945 berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kesejahteraan tersebut harus dapat dinikmati secara berkelanjutan, adil, dan merata menjangkau seluruh rakyat. Pada tanggal 25 November 2011, ditetapkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan sosial yang mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Januari 2014. BPJS merupakan badan hukum dengan tujuan yaitu mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan untuk terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya. Rumah Sakit sebagai sarana pelayanan terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus dapat meningkatkan kualitas pelayanannya. Pemahaman yang baik tentang kepuasan pasien merupakan salah satu hal penting yang dapat digunakan sebagai masukan dalam menentukan kebijakan dan pengambilan keputusan dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di RSUD Hasanudin Damrah Kota Manna. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa metode deskriptif yang menggambarkan mengenai situasi yang terjadi berdasarkan data-data yang ada dengan teori dan perhitungan kualitatif. Data yang akan diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi dilapangan serta sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas sarana yang ada di rumah sakit sudah sangat baik. Dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,4 yang berada pada kategori sangat baik. Untuk kualitas prasarana berada pada kategori baik dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,0. Kualitas pelayanan BPJS termasuk dalam kategori baik berdasarkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,9. Sedangkan kualitas SDM berada pada kategori sangat baik, dilihat dari rata-rata keseluruhan sebesar 4,4.