PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN DAN KEAMANAN BERBELANJA PRODUK FASHION TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI INSTAGRAM

Main Authors: SARI, NOVITA, Hadi, Effed Darta
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12606/1/Skripsi%20Novita%20Sari.pdf
http://repository.unib.ac.id/12606/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen yang telah melakukan belanja online di media sosial Instagram yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kepercayaan dan keamanan berbelanja produk fashion online terhadap kepuasan pelanggan di Instagram. Untuk mengetahui hasil dari penelitian ini, maka data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer, dengan menggunakan teknik penyebaran kuisioner secara online, yang penyebarannya melalui facebook dan blackberry messenger. Sebanyak 118 responden yang dapat digunakan untuk dianalisis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk mengukur pernyataan yang didapat dari kuisioner penelitian ini menggunakan uji validitas dan reabilitas, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, pengujian hipotesis persial uji-t, dan pengujian hipotesis persial uji-f. Responden terbesar dari penelitian ini adalah perempuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuisioner bahwa perempuan lebih memiliki jumlah yang lebih banyak dengan persentase sebesar 69,7% yang telah berbelanja produk fashion di Instagram dibandingkan dengan laki-laki yang memiliki persentase sebesar 29,2%. Responden yang pernah berbelanja online di Instagram pada rentang usia 21-22 tahun dan pengeluaran terbesarnya untuk membeli produk fashion adalah Rp.200.000-Rp.300.000 atau dengan persentase sebesar 28,0%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh produk fashion yang banyak dibeli adalah baju dengan persentase sebesar 40,2%. Hasil uji validitas dalam penelitian ini menyatakan bahwa semua indikator pada masing-massing variabel dinyatakan valid karena keempat variabel yang telah diuji menghasilkan nilai r diatas 0,3, sedangkan hasil uji reliabilitas menyatakan bahwa nilai cronbach’s alpha if item deleted dari variabel kepuasan pelanggan, kualitas produk, kepercayaan dan keamanan lebih besar dari 0,6. Hal ini menunjukkan bahwa pernyataan tersebut reliabel atau handal dan mengindikasi tingkat kehandalan atau reliabilitas tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan, kualitas produk, kepercayaan dan keamanan memiliki nilai reliabilitas yang baik. Metode analisis statistik pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan persamaan regresi berganda dengan sofware SPSS 16.0 dengan hasil persamaan Y= 1,017+0.020X Berdasarkan uji korelasi menyatakan bahwa antara kualitas produk, kepercayaan dan keamanan terhadap kepuasan pelanggan bersifat signifikan karena nilai R = 0,714 hampir mendekati 1 dan lebih dari 0,0. Sedangkan hasil koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh faktor kualitas produk, kepercayaan dan keamanan sebesar 51,0% sedangkan sisanya 49% dipengaruhi faktor yang tidak diteliti. 1 +0,355X 2 +0.707X 3. Hasil dari uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat satu variabel yang tidak berpengaruh signifikan yaitu kualitas produk (X ) dengan tingkat signifikan 0,849, sedangkan variabel kepercayaan dan keamanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikan kepercayaan sebesar 0,005 dan tingkat signifikan keamanan adalah 0,000. Hasil uji-f menyatakan bahwa kualitas produk, kepercayaan dan keamanan mempunyai pengaruh bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikan 0,000. Dalam penelitian ini, saran peneliti terhadap online shop yang ada di Instagram yaitu online shop harus lebih memahami bagaimana selerah konsumen atau trend yang sedang diminati oleh konsumen terhadap produk fashion yang ditawarkan melalui Instagram serta memberikan kepercayaan dan keamanan terhadap konsumen supaya konsumen dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman. Kata kunci: Kualitas produk, kepercayaan, keamanan, dan kepuasan pelanggan.