PENERAPAN METODE BERMAIN AKTIF MENGGUNAKAN STIK ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KETELITIAN DAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN ANAK USIA DINI (Studi Pada Kelompok B Paud Negeri Pembina Lais Kabupaten Bengkulu Utara)

Main Authors: ANDRIYANI, VERA, Alexon, Alexon, Kurniah, Nina
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12361/1/VERA%20TESIS.pdf
http://repository.unib.ac.id/12361/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan ketelitian dan mengenal bilangan anak usia dini melalui penerapan metode bermain aktif menggunakan stik angka. Metode penelitian ini adalah penelitian kombinasi yang diawali dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Adapun Subjek PTK adalah 12 anak kelompok B1, kelas eksperimen adalah 12 anak kelompok B3, kelas kontrol adalah 10 anak kelompok B4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap guru dan anak.Teknik analisa data untuk PTK menggunakan rumus nilai rata-rata, untuk melihat peningkatan dan signifikasi digunakan uji-t. Untuk kuasi eksperimen digunakan uji-t dua sampel tidak saling berhubungan. Pengolahan data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketelitian dan mengenal bilangan anak usia dini melalui penerapan metode bermain aktif menggunakan stik angka , terbukti > (4.312>1.725) begitupun pada kuasi ekperimen tentang kemampuan mengenal bilangan terjadi peningkatan > ( 8.558>1.725). Penelitian ini memberikan saran metode bermain aktif menggunakan stik angka menjadi alternatif meningkatkan ketelitian mengenal bilangan. Kata kunci: Metode Bermain aktif, Stik angka, Ketelitian, Kemampuan Mengenal bilangan, Anak Usia Dini