PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS (Studi pada Siswa Kelas V SDN Gugus II Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara)

Main Authors: MULYATI, SISCA, Sapri, Johanes, Sahono, Bambang
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12353/1/tesis%20sisca%20ok.pdf
http://repository.unib.ac.id/12353/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran bermain peran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan tanggung jawab siswa (2) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (3) untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran bermain peran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini yaitu diawali dari penelitian tindakan kelas dan dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 04 Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara. Teknik pengambilan data observasi dan tes. Pengolahan data menggunakan statistik deskriptif rata-rata ( mean) dan uji-t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa tanggung jawab siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama hingga siklus ketiga dengan rata-rata 2,3 kategori kurang; 2,6 kategori tinggi; 3,3 kategori sangat tinggi. Persentase siswa dengan tanggung jawab sangat tinggi yaitu 0%, 16%, 54%. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata post-test: 41,25,56,25; 47,5,65; 52,5,72,5. Hasil analisis uji-t pada kuasi eksperimen antara post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar 2,226. Dari hasil ini disimpulkan bahwa secara efektif penerapan model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Gugus II Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara. Kata kunci : Model Bermain Peran, IPS, Tanggung Jawab, Prestas