PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATEMATICS PROJECTS (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus II Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara)
Main Authors: | YUNITA, SOMEL, Sahono, Bambang, Turdjai, Turdjai |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12345/1/AYUK%20SOMEL2.pdf http://repository.unib.ac.id/12345/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini secara bertujuan untuk ; 1) mendeskripsikan peningkatan kemandirian siswa dalam proses belajar Matematika melalui penerapan model Missouri Matematics Project (MMP) 2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan model Missouri Matematics Project (MMP) 3) mendeskripsikan efektivitas penerapan model MMP dalam meningkatkan prestasi belajar matematika di kelas V SD Negeri Gugus II Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara. Metode penelitian ini yaitu diawali dari penelitian tindakan kelas dan dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Negeri Gugus II Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa di SD 03 Kerkap dan 24 siswa di SD 02 Kerkap, kemudian sampel penelitian kelas PTK 24 siswa kelas Va SD 03 Kerkap, Kelas Eksperimen 24 Siswa kelas Vb SD 03 Kerkap, dan kelas kuasi 24 Siswa SD 02 Kerkap. Teknik pengambilan data observasi dan tes. Pengolahan data menggunakan statistik deskriptif rata-rata ( mean) dan uji-t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemandirian siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama hingga siklus ketiga dengan rata-rata 1,6 kategori kurang; 2,72 kategori cukup; 4,01 kategori baik. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata post-test-pretes Siklus 1; 41-59, siklus 2; 50-74, siklus 3 68-80, eksperimen; 42-80 dan kelas kontrol; 42-63. Hasil analisis uji-t pada kuasi eksperimen antara post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar 1,684. Dari hasil ini disimpulkan bahwa secara efektif penerapan model pembelajaran missouri matematics projects (MMP) dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa.Kata kunci: Model Pembelajaran Missouri Matematics Projects (MMP) , Kemandirian, Prestasi Belajar