PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MENYIMAK DAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI (Studi Pada Kelompok B Paud Negeri Pembina Tais Kabupaten Seluma)

Main Authors: NILAWARDANI, RITA, Alexon, Alexon, Kurniah, Nina
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12342/1/TESIS%20LENGKAP%20rita%20.pdf
http://repository.unib.ac.id/12342/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan menyimak dan kemampuan berbicara anak usia dini melalui penerapan metode bercerita dengan media audio visual . Metode penelitian ini adalah penelitian kombinasi yang diawali dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Adapun Subjek PTK adalah 12 anak kelompok B1, kelas eksperimen adalah 12 anak kelompok B2, kelas kontrol adalah 14 anak kelompok B3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap guru dan anak.Teknik analisis data untuk PTK menggunakan rumus nilai rata-rata, untuk melihat peningkatan dan signifikasi digunakan uji-t. Untuk kuasi eksperimen digunakan uji-t dua sampel berhubungan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan MENYIMAK DAN KEMAMPUAN BERBICARA anak usia dini melalui penerapan metode bercerita dengan media audio visual, terbukti > (4.000>1.711) begitupun pada kuasi ekperimen tentang kemampuan berbicara terjadi peningkatan > ( 8.558>1.711) Penelitian ini memberikan saran metode bercerita dengan media audio visual menjadi alternatif meningkatkan kemampuan menyimak berbicara. Kata kunci: Metode Bercerita, Media Audio Visual, Kemampuan Menyimak, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini