ANALISIS FRAMING AUDIOVISUAL PADA IKLAN MARS PARTAI POLITIK PERINDO

Main Authors: WIJAYANTI, ASTRI, Yudisiani, Yudisiani, Irmayanti, Meiselina
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12341/1/SKRIPSI%20Astri%20Wijayanti.pdf
http://repository.unib.ac.id/12341/
Daftar Isi:
  • Untuk membongkar pesan apa yang ada di balik sebuah tayangan iklan politik (audiovisual), pada penelitian ini yaitu iklan mars partai politik Perindo dan bagaimana pesan tersebut disampaikan, harus digunakan sebuah pisau analisis yang cocok. Analisis framing model Gamson dan Modigliani merupakan pisau analisis yang tepat untuk menganalisis hal tersebut. Selain itu untuk menggali lebih dalam dari design rumusan masalah maka peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sehingga, hasil dari penelitian melalui tahapan analisis komprehensif dan holistik. Pesan yang dibingkai melalui tayangan iklan mars partai politik Perindo adalah mengenai mengenai optimisme partai Perindo dalam mencapai visi partai dan Perindo dibingkai sebagai partai yang progresif melalui program-program dan tindakan konkritnya untuk turun langsung kemasyarakat dengan semangat memajukan dan mensejahterakan Indonesia. Tayangan iklan mars partai politik Perindo tersebut dibingkai melalui isu-isu yang secara konsisten dibangun oleh Perindo. Selain itu pesan-pesan tersebut disampaikan melalui penggunaan perangkat rasoning devices dengan lengkap dan penggunaan catchprases dengan dominan, tetapi framing devices tidak digunakan secara lengkap. Selain itu pesan tersebut disalurkan melalui potret-potret tampilan program yang dilakukan Perindo dan melalui sosok yang ditokohkan oleh Perindo yaitu Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo.