IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK GAGAP DI PAUD “DELLIA CREATIVE SCHOOL” KOTA BENGKULU
Main Authors: | MARLINA, LENI, Alexon, Alexon, Kurniah, Nina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12329/1/TESIS%20AKHIR.pdf http://repository.unib.ac.id/12329/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan bagaimana implementasi program individual dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak gagap di PAUD Dellia Creative School kota Bengkulu, 2) mendeskripsikan bagaimana efektifitas implementasi program individual dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak gagap.Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Dellia Creative School Bengkulu dengan menggunakan metodePenelitian Tindakan Kelas (PTK), yang melalui empat tahap yaitu: Tahap 1) Menyusun Rencana Tindakan (Planning),Tahap 2) Pelaksanaan Tindakan (Acting),Tahap 3) Pengamatan (observing),Tahap 4) Refleksi (Reflecting).Subyek penelitian adalah seorang anak laki-laki dikelas kelompok B1 yang berkebutuhan khusus, berusia 5 tahun berinisial R. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancaradan tehnik dokumentasi. Analisa data menggunakan model interaktif yaitu mengumpulkan data, reduksi data, meyajikan data dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menyimpulkan : Implementasi Program Individual untuk dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak gagap di PAUD Dellia Creative School Bengkulu. Kata Kunci :Kemampuan Berbicara, Anak Berkebutuhan Khusus, Program Pembelajaran Individual.