PENGGUNAAN DALAM PEMASARAN NGGUNAAN LAY ENDORSER DALAM PEMASARAN STUDIO AKARI PRODUCTION STUDIO AKARI PRODUCTION DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Main Authors: PURWANTO, ADE ARIS, Supriyadi, Dedi, Supriyanto, Heri
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12326/1/skripsi.pdf
http://repository.unib.ac.id/12326/
Daftar Isi:
  • Instagram adalah sebuah media sosial yang sangat popular saat ini yang sebagian besar pengguna memanfaatkannya sebagai lahan bisnis. Lahan bisnis yang dimaksud adalah mengaplikasikan konsep pemasaran di dalamnya seperti mengiklankan sebuah produk menggunakan jasa lay endorser atau yang tidak asing disebut sebagai bintang iklan non selebritis. Studio Akari Production adalah salah satu perusahaan yang menggunakan lay endorser dalam pemasaran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan lay endorser dalam pemasaran studio Akari Production di media sosial Instagram dengan analisis teori komunikasi Harold Lasswell. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian untuk menjelaskan secara mendalam penggunaan lay endorser dalam pemasaran studio Akari Production di media sosial Instagram. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan data utama yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan para informan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan lay endorser sebagai pendukung sebuah iklan mampu mempengaruhi dan mendapatkan perhatian konsumen atas pesan yang disampaikan dalam iklan. Penggunaan lay endorser pada studio Akari Production sebagai salah satu strategi pemasaran produk merupakan suatu langkah yang efektif untuk mempengaruhi perilaku konsumen dan menghasilkan perilaku pembelian yang positif. Hal ini ditandai bahwa konsumen lebih memilih barang atau jasa yang diendorse oleh lay endorser dibanding tidak. Dengan ini disimpulkan bahwa semakin banyak asosiasi yang saling berhubungan, semakin kuat citra yang dimiliki oleh Akari Production.