PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN TIPE STRUCTURE DYADIC METHODS PADA SISWA SMP NEGERI 2 LUBUKLINGGAU

Main Authors: Iriyanti, Reni, Haji, Saleh, Zamzaili, Zamzaili
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12320/1/TESIS%20RENI%20IRIYANTI%20OK.pdf
http://repository.unib.ac.id/12320/
Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan peningkatan kemampuan penalaran adaptif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau melalui Pendekaatan pembelajaran Matematika Realistik dengan tipe Structured Dyadic Methods, serta untuk mengetahui berapa besar peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran adaptif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau melalui prndrkatan pembelajaran Matematika Realistik dengan tipe Structured Dyadic Methods. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang dilakukan secara eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada SMP Negeri 2 Lubuklinggau tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, perlu dilakukan pemilihan terhadap siswa kelas VIII yang terdapat pada SMP Negeri 2 Lubuklinggau untuk menentukan siswa yang menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis melalui ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik dengan tipe Structured Dyadic Methods lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan konvensional. Kemampuan penalaran adaptif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik dengan tipe Structured Dyadic Methods lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan konvensional. Kata kunci: pemahaman konsep, penalaran adaptif, matematika realistik