PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Authors: Aprilianti, Karlena, Widada, Wahyu, Hanifah, Hanifah
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12317/1/tesis.pdf
http://repository.unib.ac.id/12317/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaranMissouri Mathematics Project dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Designbentuk Nonequivalent Control Group Design yang dilaksanakan pada semestergenap Tahun Pelajaran 2017-2018 di SMPN 2 Talang Empat BengkuluTengah.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttestPengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Anava Mix design. Hasianalisis data menunjukkan bahwa sig.> 0,05 artinya kemampuan penalaran dankomunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaranMissouri Mathematics Project lebih baik dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensionalTerlihat pada perbedaan nilai kemampuan penalaran matematis siswa antarakelas kontrol dan eksperiment yaitu 71,46 dan 81,43 sedangkan untuk kemampuan komunikasih matematis siswa kelas kontrol dan eksperimen sebagaiberikut 71.74 dan 78,71 Kata Kunci: kemampuan penalaran matematis, kemampuan komunikasi matematis, dan missouri mathematics project.