PENGARUH MODEL PEMBELAJARANCREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs N 2 KOTA BENGKULU

Main Authors: Putri, Hezmi Duwy, Widada, Wahyu, Nirwana, Nirwana
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12316/1/1.%20TESIS%20HEZMY%20BAB%20I-III%20-%20Copy.docx.pdf
http://repository.unib.ac.id/12316/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematis. Penelitian ini adalah quasi-experiment di MTs N 2 Bengkulu, dengan instrument peneltian berupa tes Kemampuan Pemahaman Konsep dan tes Kemampuan Komunikasi Matematis. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran konvensional, dimana nilai ratarata tes akhir (postest)pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 81,89 dan kelas kontrol 73,34. Besar pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah 81,7% sedangkan pada kelas kontrol 65,5%. Terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Kemampuan komunikasi matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematika siswa dengan pembelajaran konvensional, dimana nilai rata-rata tes akhir (postest)pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 79,03 dan kelas kontrol 73,63. Besar pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa adalah 79,5% sedangkan pada kelas kontrol 68,4%. Kata Kunci: Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Pemahaman Konsep, Komunikasi Matematis