PENGARUH KEYAKINAN DIRI, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (STUDI KAUSALITAS DI MAN 1 KOTA BENGKULU)

Main Authors: Hakasinawati, Hakasinawati, Widada, Wahyu, Hanifah, Hanifah
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12314/1/TESIS%20HAKASINAWATI%20A2C014108.pdf
http://repository.unib.ac.id/12314/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara keyakinan diri, kemampuan pemahaman konsep, motivasi siswa, terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling), sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus dari Taro Yamane atau Slovin. Instrumen dengan skala likert digunakan dalam pengambilan data. Data dianalisis dengan teknik analisis jalur. Dengan taraf signifikansi 5%, hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh langsung positif secara signifikan antara keyakinan diri = 0,093 , kemampuan pemahaman konsep = 0,351 , motivasi siswa = 0,284 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; keyakinan diri ( = 0,171), kemampuan pemahaman konsep ( = 0,341 ) terhadap motivasi siswa, serta keyakinan diri ( = 0,505) terhadap kemampuan pemahaman konsep. Kata Kunci: keyakinan diri, kemampuan pemahaman konsep, motivasi siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematika.