PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN GAYA KOGNITIF SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BENGKULU

Main Authors: Susanti, Eva, Hartanto, Hartanto, Hanifah, Hanifah
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12311/1/EVA%20TESIS.pdf
http://repository.unib.ac.id/12311/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kota Bengkulu pada kelas XI IPA. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dan pengambilan sampel secara purposive sampling. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Data hasil tes kemampuan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji regresi sederhana sedangkan angket gaya kognitif siswa menggunakan analisis Anacova. Hasil uji hipotesis kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah menunjukkan angka sig < 0,05 dan H ditolak. Dari keterangan tersebut maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan terdapat perbedaan yang sangat signifikan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Angket yang digunakan untuk mengungkapkan cara siswa yang khas dalam belajar, baik yang berkaitan dengan cara penerimaan dan pengelolahan informasi, sikap terhadap informasi, maupun kebiasaan yang berhubungan dengan lingkungan belajar. Adanya perbedaan gaya kognitif tersebut mempengaruhi pola pikir dan perilaku siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Gaya Kognitif Siswa.