PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP AKTIVITAS, RESPON DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU
Main Authors: | Susanti, Elsa, Widada, Wahyu, Hanifah, Hanifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12307/1/TESIS%20ELSA%20SUSANTI%20A2C014105.pdf http://repository.unib.ac.id/12307/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konstruktivis terhadap aktivitas belajar, hasil belajar, dan respon siswa kelas XII IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran konstruktivis, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran langsung. Populasinya adalah siswa kelas XII IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Data dianalisis dengan Anava Mixed Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol, yaitu 36,6 untuk kelas eksperimen dan 35,0 untuk kelas kontrol. Dengan taraf signifikansi 5%, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran konstruktivis terhadap aktivitas sebesar 91,7%, respon siswa sebesar 85,8% dan hasil belajar siswa sebesar 96,8%. Kata Kunci : Pembelajaran model Konstruktivisme , respon siswa dan hasil belajar matematika.