ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP SUSU YAKULT DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Wahyuni, Yuna, Redy, Badrudin, Agus, Purwoko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12293/1/YUNA-WAHYUNI-_SKRIPSI__compressed_1.pdf http://repository.unib.ac.id/12293/ |
Daftar Isi:
- Salah satu sub sektor industri pengolahan yang potensial untuk dikembangkan adalah industri makanan dan minuman. Pertumbuahan industri makanan dan minuman dipengaruhi oleh banyaknya produk minuman yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan. Salah satu perusahaan yang sudah lama bergerak dalam industri pengolahan minuman susu cair di Bengkulu adalah Yakult. Minuman Yakult diproduksi oleh PT. Yakult Indonesia Persada di Cicarag Jawa Barat yang memiliki cabang di Bengkulu yaitu di Talang Kering, Panorama dan Betungan. Proses pembuatan susu yakult dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap susu Yakult di kota bengkulu, menganalisis tingkat loyalitas konsumen terhadap susu Yakullt di kota bengkulu . Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analisys (IPA), Customer Satisfaction Indeks (CSI), Swicher Buyer, Habitual Buyer, Satisfied Buyer, Liking The Brand Buyer, Commited Buyer dan Brand Swiching Pattern Matrix, serta untuk penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja. Penelitian berlangsung 30 Desember 2016 sampai dengan 30 Januari 2017 penelitian ini di laksanakan di Kelurahan Talang Kering Kec. Muara Bangkahulu, di Kelurahan Panorama Kec. Gading Cempaka dan di Kelurahan Betungan Kec. Selebar. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder. Secara keseluruhan konsumen sudah merasa puas terhadap produk susu Yakult. Namun, ada beberapa atribut yang harus menjadi prioritas utama yaitu rasa dan komposisi. Selain itu, berdasarkan tingkat loyalitasnya konsumen lebih menyukai bentuk dari botol Yakult yang unik dan simpel, tetapi konsumen cukup menyetujui dinyatakan sebagai mengkonsumsi susu Yakult berdasarkan kebiasaan. Lemudian dimasa yang akan datang berkemungkinan konsumen akan berpindah ke merek lain