PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 02 KEPAHIANG

Main Authors: Fitra, Chairul, Widada, Wahyu, Zamzaili, Zamzaili
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12261/1/TESIS%20CHAIRUL%20FITRAH.pdf
http://repository.unib.ac.id/12261/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model quantum learning dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa MTs. Penelitian ini adalam penelitian kuasi eksperimen dengan analisis data anacova. Tempat penelitian di madrasah tsanawiyah 02 kepahiang, populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII madarasah tsanawiyah 02 kepahiang sedang kan sampel yang di ambil secara intact grouph adalah kelas VIIID dan kelas VIIIE, Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Besar pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa adalah 38,8%. Terdapat pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap berfikir kritis siswa. Besar pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap berfikir kritis siswa adalah 57,1%. Besarnya pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Besarnya pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Kata-kata Kunci: model quantum learning, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis