Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe JiGsaw dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong

Main Authors: Guslena, Sri, V. Karjiati, V. Karjiati, Sugianto, Sugianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12253/1/Skrpsi.pdf
http://repository.unib.ac.id/12253/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPA Melalui model Kooperatif Tipe JiGsaw SDN 01 Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian kelas dilaksanakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2). Tindakan, 3). Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. Instrumen Penelitian terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa serta lembar tes. Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai. Data tes dianalisis menggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 31,5 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 38,5 pada kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 29,5 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 39 pada kategori baik. Hasil tes belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 66,32 dengan ketuntasan belajar 69,0,6% meningkat pada siklus II menjadi 75,22 dengan ketuntasan belajar 95,54,5%. Kesimpulan dari penelitian penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 01 Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong.