PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 27 KOTA BENGKULU

Main Authors: SINAGA, ZULFA HANUM, Dadi, Sri, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12252/1/SKRIPSI_A1G012097_ZULFA%20HANUM%20SINAGA.pdf
http://repository.unib.ac.id/12252/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 27 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 27 Kota Bengkulu yang berjumlah 65 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling atau pengacakan sederhana, sehingga diperoleh kelas VB yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen I, kelas VA yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian berupa lembar tes objektif. Teknik pengupulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest. Data yang telah diperoleh, dianalisis melalui analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t diperoleh hasil yaitu thitung 5,51 > ttabel 1,98 pada taraf signifikan 5% yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 27 Kota Bengkulu.