PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERFL{DAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSE,P MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG

Main Authors: Afrida, Afrida, Haji, Saleh, Widada, Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12249/1/tesis%20afrida%20ok.pdf
http://repository.unib.ac.id/12249/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian dengan metode eksperimen ini dilaksanakan di SMPN 1 Selupu Rejang . Uji hipotesis dilakukan dengan uji Anava Campuran ( Anava Mixed Design). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penalaran kelas eksperimen signifikan ( x= 79.56; MD = -55.515; p<0.05) dan kelas kontrol signifikan ( x= 63.35; MD = -44.597: p<0.05). Kemampuan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen signifikan ( x = 79.35; MD = -58.621; p<0.05) dan kelas kontrol signifikan ( x= 65.50; MD = -45.606: p<0.05). Uji hipotesis pengaruh pendekatan matematika realistik untuk kemampuan penalaran diperoleh F = 46.724 (p<0.00) artinya terdapat interaksi antara time (pretes-postes) dan group (eksperimen-kontrol).Sedangkan pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika diperoleh F = 53.202 (p<0.00) artinya terdapat interaksi antara time (pretes-postes) dan group (eksperimen-kontrol). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pendekatan matematika realistik secara signifikan mempengaruhi kemampuan penalaran dankemampuan pemahaman konsep matematika. Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Pemahaman Penalaran dan Pemahaman Konsep Matematika