PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Mizhi, Yulita Karolina, Wurjinem, Wurjinem, Tarmizi, Pebrian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12247/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/12247/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, metode eksperimen semu dengan desain The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw 82,34 lebih besar daripada nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional sebesar 75,69. Sedangkan hasil perhitungan data hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS diperoleh thitung = 2,61 ˃ ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5% dk=72. Dengan demikian Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 20 Kota Bengkulu.