PENGARUH BAHAN AJAR MUATAN LOKAL SUMBER ENERGI TAK TERBARUKAN DI BENGKULU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 49 KOTA BENGKULU

Main Authors: Febbyanty, Vonny, V. Karjiyati, V. Karjiyati, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12242/1/SKRIPSI-VONNY%20FEBBYANTY-A1G013060.pdf
http://repository.unib.ac.id/12242/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar muatan lokal sumber energi tak terbarukan di Bengkulu terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 49 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre- Eksperimental Design dengan jenis desain One Group Pretest-Posttest Design, dimana pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 49 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata posttest (75,96) lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest (45,37). Hasil uji-t dengan thitung sebesar 11,92 dan ttabel 2,074. Jadi, thitung (11,92) > ttabel (2,074). Nilai t hitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bahan ajar muatan lokal sumber energi tak terbarukan di Bengkulu terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 49 Kota Bengkulu.