THE EFFECT OF USING “EDMODO” IN BLENDED LEARNING METHOD ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT GRADE XI OF SMKN 1 BENGKULU CITY

Main Authors: Darma, Suci Dwina, Suwarno, Bambang, Arono, Arono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12240/1/COVER.pdf
http://repository.unib.ac.id/12240/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dampak Edmodo pada keseluruhan pemahaman membaca siswa, menemukan dampak Edmodo pada pemahaman membaca siswa pada beberapa aspek, menemukan respon siswa tentang penggunaan “Edmodo” dalam belajar bahasa Inggris khususnya dalam pemahaman membaca, dan menemukan pandangan orang tua siswa terhadap penggunaan “Edmodo” dalam mendukung belajar anak mereka. Populasi studi ini adalah siswa-siswi kelas sebelas SMKN 1 Kota Bengkulu, sebanyak dua kelas (TKJ 1 dan TKJ 2) menjadi sampel penelitian ini. Instrument terdiri atas tes membaca (dengan 50 pertanyaan) dan 2 set kuesioner – untuk siswa-siswi kelas ekperimen dan orang tua mereka (masing-masing terdiri atas 25 butir). Hasilnya, Edmodo memberikan dampak pada pemahaman membaca siswa secara keseluruhan. Akan tetapi, aplikasi online ini paling efektif untuk diterapkan pada aspek membaca untuk mencari informasi yang sederhana (SI) diantara yang lainnya, karena distribusi pertanyaan pada aspek ini adalah yang tertinggi. Selanjutnya, berkaitan dengan penggunaan aplikasi online ini, siswa sering merespon secara positif terhadap Edmodo dalam belajar bahasa Inggris khususnya dalam pemahaman membaca. Akan tetapi, orang tua siswa memandang berbeda. Mereka jarang memandang secara positif terhadap Edmodo untuk pembelajaran anak mereka. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Campuran, Edmodo, Pemahaman Membaca