PENGGUNAAN MEDIA SHADOW PUPPET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 27 KOTA BENGKULU
Main Authors: | ADRIANA, TASYA, Yuliantini, Nani, Tarmizi, Pebrian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12233/1/Skripsi.pdf http://repository.unib.ac.id/12233/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media Shadow Puppet di kelas V SDN 27 Kota Bengkulu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus rata-rata untuk menghitung rata-rata hasil kemampuan menulis karangan narasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menulis karangan narasi dari siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi 68,47 dengan nilai ketuntasan belajar secara klasikal adalah 59,63%. Pada hasil siklus II nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi meningkat dengan signifikan menjadi 72,30 dengan nilai ketuntasan belajar menjadi 74,91%, sementara pada siklus III nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi meningkat menjadi 73,33 dengan nilai ketuntasan belajar menjadi 87,68%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Shadow Puppet dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 27 Kota Bengkulu.