A COMPARATIVE STUDY THE EFFECT OF PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, STATE AND TEST) AND TBGD (TASK-BASED GROUP DISCUSSION) METHODS A COMPARATIVE STUDY THE EFFECT OF PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, STATE AND TEST) AND A COMPARATIVE STUDY THE EFFECT OF PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, STATE AND TEST) AND BASED GROUP DISCUSSION) METHODS ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION BASED GROUP DISCUSSION) METHODS ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT DEHASEN UNIVERSITY

Main Authors: Febrianti, Mariska, Suwarno, Bambang, Dharmayana, I Wayan
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12231/1/mariska%20febrianti%20ok.pdf
http://repository.unib.ac.id/12231/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas dua metode, metode PQRST dan TBGD.Hal itu dilakukan pada mahasiswa semester II jurusan Penjaskesrek, Universitas Dehasen. Desain penelitian adalah kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas; satu dengan metode PQRST dan yang lain dengan metode TBGD. Instrumen berupa tes membaca, dengan dilakukan try-out terlebih dahulu dan reliabilitas 0,917 (sangat tinggi). Hasilnya sebagai berikut, Pada pre test tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok pada semua aspek. Pada post test tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok pada pemahaman umum, membaca untuk belajar dari teks, dan membaca untuk mengintegrasikan informasi. Namun, TBGD lebih efektif pada aspek informasi umum dan metode PQRST lebih efektif pada aspek membaca untuk skimming dan mencari informasi sederhana. Kata kunci: Metode PQRST, metode TBGD, pemahaman bacaan.