Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 27 Kota Bengkulu
Main Authors: | Raga, Sartika, Wurjinem, Wurjinem, Tarmizi, Pebrian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12229/1/Skripsi.pdf http://repository.unib.ac.id/12229/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metodenya adalah eksperimen dengan desain the matching only pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 27 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu siswa kelas IVA berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IVB berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa tes objektif (multi choice).Teknik pengumpulan data menggunakan tes.Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif, uji prasyarat, analisa inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: analisa uji-t diperoleh