PROBLEMATIK MENULIS SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU

Main Authors: Harianti., Yuli, Suhartono, Suhartono, Basuki, Rokhmat
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12226/1/TESIS_YULI%20HARIANTI_A2A014147.pdf
http://repository.unib.ac.id/12226/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan problematik mahasiswa dalam menulis skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah (1) mengumpulkan data mahasiswa yang mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan skripsi, (2) melakukan wawancara dan memberikan angket terbuka kepada mahasiswa yang mengalami keterlambatan, (3) mengidentifikasi penyebab mahasiswa tersebut mengalami keterlambatan melalui wawancara dan angket, (4) mengklasifikasikan data yang diperoleh dari proses identifikasi sesuai dengan indikator permasalahan, (5) menganalisis hasil klasifikasi data yang berhubungan dengan probelamtik penulisan skripsi, (6) menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan penelitian (1) problematik penyususnan proposal meliputi (a) menentukan topik/judul skripsi, (b) menulis latarbelakang penelitian, (c) menulis tinjuan pustaka, dan (d) menentukan metode penelitian. (2) problematik pemerolehan referensi seperti referensi yang dicari tidak ada di Bengkulu sehingga perlu mencarinya di luar Bengkulu dan referensi yang digunakan referensi lama. (3) Problematik pengumpulan data dan analisis data seperti data yang dikumpulkan masih kurang dan analisis tidak mendalam serta tidak sesuai dengan metode yang digunakan. (4) Problematik dalam pembimbingan skripsi seperti (a) sulitnya menemui dosen pembimbing, (b) perbedaan persepsi antara pembimbing satu dengan pembimbing dua, (c) banyaknya revisi pada proses bimbingan, dan (d) timbulnya perasaan takut dan cemas saat ingin bertemu dengan dosen pembimbing. (5) Problematika penyususnan skripsi meliputi (a) mahasiswa malas, (b) motivasi rendah, dan (c) penulisan yang tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Kata kunci : problematik, menulis, skripsi,