PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERWARNA PADA SISWA KELAS IA MIN 1 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Hartati, Sri, Yulistio, Didi, Ariesta, Ria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12221/1/TESIS%20SRI%20OK.pdf http://repository.unib.ac.id/12221/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas pembelajaran dan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata berwarna pada siswa kelas IA MIN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IA yang terdiri atas 30 siswa, 18 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas pembelajaran siswa dan tes praktik membaca permulaan. Selanjutnya, data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata, persentase, dan klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,71 yang termasuk dalam klasifikasi “cukup”, meningkat pada siklus II menjadi sebesar 80,21 yang termasuk dalam klasifikasi “baik”. Perolehan nilai rata-rata untuk kemampuan membaca permulaan pada siklus I sebesar 69,70 yang termasuk dalam klasifikasi “cukup”, meningkat menjadi 80,16 pada siklus II, yang termasuk dalam klasifikasi “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas pembelajaran dan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata berwarna pada siswa kelas IA MIN 1 Kota Bengkulu. Kata kunci: Membaca Permulaan dan Media Kartu Kata Berwarna.