PERAN GURU DALAM MENANAMKAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU
Main Authors: | RAHMATILLAH, RAHMATILLAH, Hambali, Daimun, Hasnawati, Hasnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12208/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/12208/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan budi pekerti pada siswa kelas VA SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data melalui empat tahap yaitu menelaah data, reduksi data, penyajian data, da penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan penanaman budi pekerti pada siswa dalam pelaksanaan penanaman budi pekerti pada siswa, peran guru sangat penting yaitu (1) Santun dalam berbahasa Keteladanan yang guru lakukan terlihat ketika menggunakan bahasa indonesia dan juga bahasa daerah pada saat mengajar, ketika menjawab ketika siswa bertanya, dan berinteraksi dengan guru dan siswa-siswa lain guru terlihat menggunakan bahasa indonesia dan disertai dengan bahasa daerah baik dan santun. Motivasi yang guru berikan kepada siswa memberikan arahan kepada siswa seperti “ketika berbicara dengan teman-teman atau berbicara dengan orang tua yang sopan jangan samakan di sekolah dengan di rumah”. (2)Memberi salam dan hormat Keteladanan yang guru lakukan guru menjadi contoh terlihat ketika guru berdiri didepan pintu gerbang menunggu siswa yang datang hal ini dilakukan setiap pagi. Dan peneliti melihat guru saling bersalaman dan bertegur sapa dengan guru-guru lain.(3)Bersalaman dan berjabat tangan apabila betemu dengan guruKeteladanan yang guru lakukan adalah guru sendiri sebagai teladan seperti ketika guru bertemu dengan guru lain peneliti melihat guru saling berjabat tangan, dan saling menyapa satu sama lain. Peneliti juga melihat siswa mengikuti arahan dari guru mengulurkan tangan dan berjabat tangan kepada guru sebagai tanda saling menghormati guru.