PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV MIN 4 BENGKULU TENGAH

Main Authors: Izhar, Izhar, Susetyo, Susetyo, Suhartono, Suhartono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12202/1/TESIS%20pdf.pdf
http://repository.unib.ac.id/12202/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas IV MIN 4 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap-tiap siklus terdiri atas: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas IV yang terdiri atas 21 siswa, dengan rincian 11 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki, Data diperoleh melalui tes penugasan menulis puisi dan lembar observasi keaktifan siswa dalam pembelajaran. Selanjutnya, data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata, persentase, dan klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa mengalami peningkatan rata-rata pada siklus 1 sebesar 69,02 yang termasuk dalam klasifikasi “cukup”, meningkat menjadi 81,04 pada siklus II yang termasuk dalam klasifikasi “baik”. Keaktifan dan respon siswa juga mengalami peningkatan dari siklus 1 dengan persentase keaktifan sebesar 71,43%, menjadi 90,47% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas IV MIN 4 Bengkulu Tengah. Kata kunci: Menulis, Puisi, dan Model Pembelajaran Inkuiri