STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENGUATAN NON VERBAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VB SD NEGERI 05 KOTA BENGKULU
Main Authors: | NALLE, NOFRI ARIANTI B., Dadi, Sri, Dalifa, Dalifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12200/1/skripsi%20nofri.pdf http://repository.unib.ac.id/12200/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam memberikan penguatan non verbal pada pembelajaran IPS di kelas VB SD Negeri 05 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas VB SD Negeri 05 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Uji keabsahan data melalui perpanjagan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penguatan berupa mimik dan gerakan badan pada pembelajaran telah menerapkan tiga indikator yaitu penguatan berupa senyuman, anggukan kepala, dan ancungan jempol setiap sub indikator masing-masing terlihat guru telah melaksanakan dalam proses pembelajaran IPS. 2) Penguatan dengan cara mendekati telah menerapkan tiga indikator yaitu berupa berdiri di samping siswa, berjalan menuju siswa, dan berjalan di sisi, setiap sub indikator masing-masing sudah terlihat guru melaksanakan dalam proses pembelajaran IPS. 3) Penguatan berupa simbol atau benda dapat berupa memberikan komentar secara tertulis dan lisan kepada siswa, setiap sub masing-masing sudah terlihat namun masih ada beberapa pertemuan yang belum dilaksanakan guru pada pertemuan ketiga. Kesimpulan penelitian ini guru terlihat menguasai menerapkan keterampilan guru dalam memberikan penguatan non verbal pada pembelajaran IPS.