NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY
Main Authors: | Dyarti, Asri, Chandra, Dian Eka, Susetyo, Susetyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12198/1/TESIS%20ASRI.pdf http://repository.unib.ac.id/12198/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai pendidikan dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) aktifitas remaja yang terkadang jarang terkontrol oleh orang tua atau guru, (2) rasa khawatir dari dalam diri penulis tentang perkembangan karakter insan di masa depan, (3) banyaknya pemberitaan negatif tentang para remaja, anak-anak, rumah tangga, dunia kerja, dan lingkungan hidup manusia, (4) novel Cinta Suci Zahrana merupaka novel religi dan pengembangan karakter religi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian adalah teks novel Cinta Suci Zahrana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka atau dokumentasi dengan menggunakan tabel pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan cara Membaca dan memahami novel Cinta Suci Zahrana, Membuat sinopsis novel Cinta Suci Zahrana, Mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan dalam teks novel Cinta Suci Zahrana, Mengklasifikasikan nilai-nilai pendidikan dalam teks novel Cinta Suci Zahrana, Menginterpretasikan nilai-nilai pendidikan yang digunakan dalam novel Cinta Suci Zahrana, Menarik kesimpulan tentang nilai-nilai pendidikan yang digunakan dalam novel Cinta Suci Zahrana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan peneliti menyimpulkan bahwa terdapat 8 Nilai pendidikan. Nilai-nilai tersebut berupa kutipan-kutipan dialog antar tokoh dan uraian atau penjelasan dari pengarang novel tersebut. Nilai-nilai pendidikan dalam novel ini ada delapan. Nilai-nilai pendidikan tersebut adalah nilai moral, nilai sosial, nilai budaya, nilai psikologi, nilai religius, nilai karakter yang berhubungan dengan diri sendiri yang berupa bertanggung jawab, disiplin dan cinta ilmu, nilai karakter yang hubungannya dengan sesama yaitu santun, serta nilai karakter yang hubungannya dengan lingkungan, yaitu peduli sosial dan lingkungan. Nilai-nilai pendidikan dalam novel Cinta Suci Zahrana ini berjumlah 50 nilai. nilai religius berjumlah 19, nilai psikologi berjumlah 10, nilai moral berjumlah 3, nilai budaya berjumlah 1, nilai sosial berjumlah 6, nilai karakter yang berubungan dengan diri sendiri berjumlah 8, nilai karakter yang berhubungan dengan sesama berjumlah 2 dan nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan berjumlah 1. Kata kunci: Nilai-nilai pendidikan, novel