PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AGAMA DI SENTRA IBADAH PAUD IT AULADUNA KOTA BENGKULU (Studi Kasus Hafal 28 Surat Pendek dari Juz 30, Do’a -Do’a, dan Hadist)

Main Authors: SANTOSA, YADI, Parlan, Parlan, Gusti, Ririn
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12188/1/SKRIPSI%20YADI%20SANTOSA.pdf
http://repository.unib.ac.id/12188/
Daftar Isi:
  • Yadi Santosa : Pengelolaan Pembelajaran Agama di Sentra Ibadah PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu (Studi Kasus Hafal 28 Surat Pendek dari Juz 30, Do’aDo’a, dan Hadit s ). Skripsi. Bengkulu : Program Studi Pendidikan Nonformal, Universitas Bengkulu, Tahun 2017. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif Deskriptif untuk mengetahui pengelolaan pemebelajaran agama di sentra ibadah PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu, yang mempunyai 3 kompenen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran agama di sentra ibadah PAUD IT Auladuna kota Bengkulu untuk menghafal 28 surat pendek dari juz 30, do’a-do’a, dan hadit s. Adapun subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wali Kelas A 1 dan Wali Kelas B 2 sentra ibadah PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi subjek, triangulasi waktu, dan triangulasi tempat. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perencanaan berupa target tahunan dan target hafalan untuk kelas A sebanyak 15 surat, 12 do’a dan 11 hadi ts dan kelas B 28 sur at, 23 do’ a dan 2 1 hadits. Kemudian pelaksanaan pembelajaran mengunakan strategi bernyanyi dan berce rita dan ju ga me nggunak an metode mur oja’ah dan sim ak uc ap untuk mengh afal surat, do’ a dan hadit s. S edangk an evaluasin ya se car a li san, yan g dilakukan pendidik pada saat peserta didi k melaku kan muroja’ah. Kata Kunci :Pengelolaan Pembelajaran Agama, Metode Muroja’ah dan Metode Simak Ucap untuk Men ghafal S urat, Do ’a dan Hadits.