HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD GUGUS V KOTA BENGKULU
Main Authors: | SELLY, MARTHINA, Yusuf, Syahril, Anggraini, Anggraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12180/1/SKRIPSI%20MARTHINA%20SELLY.pdf http://repository.unib.ac.id/12180/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Pupulasi dalam penelitian ini berjumlah 179 siswa, dan sampelnya berjumlah 45 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengetahui motivasi belajar, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan variabel motivasi belajar intrinsik siswa dengan hasil belajar PKn dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,470>0,301). (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan variabel motivasi belajar ekstrinsik dengan hasil belajar PKn dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,6>0,301). (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu, dimana rhitung sebesar 0,44, sedangkan rtabel sebesar 0,301 dengan N=43 pada taraf signifikansi 5%. Jadi rhitung lebih besar dari pada rtabel (0,44>0,301), karena hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan maka dengan demikian keseluruhan uji hipotesis ini mendukung penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan untuk meneliti tentang variabel lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa, seperti media pembelajaran, metode pembelajaran, atau pola asuh orang tuanya.