PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAP DI KELAS VB SDN 27 KOTA BENGKULU

Main Authors: GESIRADJA, MARIO CAPESTRANO, Yulistio, Didi, Dadi, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12178/1/SKRIPSI%20MARIO%20CAPESTRANO%20GESIRADJA.pdf
http://repository.unib.ac.id/12178/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan metode mind map di kelas VB SDN 27 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data dengan menghitung jumlah kriteria penilaian yang ada pada lembar observasi siswa dan menggunakan rumus rata-rata untuk menghitung rata-rata hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil dan aktivitas belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II. Rata-rata hasil belajar kognitif meningkat dari 74,24 menjadi 78,82. Hasil belajar afektif meningkat dari 12,17 menjadi 12,61 dalam kategori baik. Hasil belajar psikomotor meningkat dari 7,35 menjadi 7,55 dalam kategori baik. Aktivitas siswa meningkat 51,5 menjadi 55,5 dalam kategori baik. Peningkatan-peningkatan tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan metode mind map siswa kelas VB SDN 27 Kota Bengkulu.