KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IVB DI SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Ariska, Ira, Gunawan, Ansyori, Wurjinem, Wurjinem |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12169/1/SKRIPSI%20%20IRA%20ARISKA.pdf http://repository.unib.ac.id/12169/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru mengelola kelas dalam pembelajaran matematika siswa kelas IVB di SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Pendekatan dan metode penelitian ini adalah deskriptif dan penelitian kualitatif naturalistik. Subjek penelitian adalah guru kelas IVB. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui empat tahap yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Uji kredibilitas data melalui perpanjangan penagamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam mengelola kelas dalam pembelajaran matematika siswa kelas IVB sudah terlaksana seperti, menunjukkan sikap tanggap, membagi perhatian, memberi petunjuk-petunjuk yang jelas, memberi penguatan, menemukan dan memecahkan yang menimbulkan masalah, pengaturan tempat duduk, penataan keindahan dan kebersihan kelas dan ventilasi dan tata cahaya sesuai dengan indikator keterampilan pengelolaan kelas, walaupun masih terdapat indikator yang belum terlaksana secara optimal seperti memusatkan perhatian kelompok yakni guru belum memberi tanda pemusatan kelompok, pertangungjawaban kelompok, memberikan teguran untuk penghentian tingkah laku siswa yang mengganggu dan melanggar aturan yang ada di dalam kelas, modifikasi tingkah laku dan pendekatan pemecahan masalah kelompok.