STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 5B SDN 05 KOTA BENGKULU

Main Authors: Wati, Idar, Hambali, Daimun, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12167/1/SKRIPSI%20IDAR%20WATI%20%28A1G013145%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/12167/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 5B SDN 05 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 5B SDN 05 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahanan data melalui perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penelitian yang diproleh yaitu (1) menunjukkan sikap tanggap satu indikator belum dilakukan oleh guru yaitu pada gerak mendekati siswa, (2) memberi perhatian sudah dilakukan oleh guru, (3) memberi petunjuk-petunjuk yang jelas sudah dilakukan oleh guru, (4) menegur sudah dilakukan oleh guru, (5) memberikan penguatan sudah dilakukan oleh guru.