PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (STUDI KUALITATIF DI KELAS VB SDN 09 KOTA BENGKULU)
Main Authors: | Sari, Diah Puspita, Sapri, Johanes, Djuwita, Puspa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12161/1/PDF%20SKRIPSI%20DIAH.pdf http://repository.unib.ac.id/12161/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perancangan, pelaksanaan dan hambatan pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran tematik di kelas VB SDN 09 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas VB. Instrumen penelitian meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji kredibilitas data dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Pada tahap merancang sumber belajar dalam pembelajaran tematik, guru belum membuat rancangan sumber belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran tematik. Sumber belajar yang dimanfaatkan guru untuk pembelajaran 1 sampai pembelajaran 6 hanya buku siswa saja. Tidak ada sumber belajar lain yang dirancang guru untuk menunjang pembelajaran tematik., 2) Pada pelaksanaan memanfaatkan sumber belajar dalam pembelajaran tematik, Pada pelaksanaannya, guru sudah melaksanakan tahapan pembelajaran tematik. Dalam kegiatan pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar masih terbatas. Sumber belajar yang digunakan hanya buku siswa. Buku siswa yang digunakan sesuai dengan tema yakni tema 1 “Benda-benda di Lingkungan Sekitar”. Guru juga belum memberikan variasi terhadap sumber belajar yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran., 3) Hambatan dalam merancang dan memanfaatkan sumber belajar dalam pembelajaran tematik, yakni guru kurang peka terhadap sumber belajar yang kontekstual. Siswa kesulitan dalam berkonsentrasi terhadap materi yang dipelajari, karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami setiap materi yang diberikan guru. Guru belum bisa memanfaatkan internet sebagai salah satu sumber belajar yang dapat dijadikan referensi siswa untuk menambah wawasan pengetahuan yang dimilikinya