STUDI DESKRIPTIF PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI KELAS V SDN 58 KOTA BENGKULU

Main Authors: SULASTRI, DENI, Muktadir, Abdul, Anggraini, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12160/1/SKRIPSI%20DENI%20SULASTRI%20%28A1G013041%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/12160/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter tanggung jawab melalui kegiatan mendongeng di kelas V SDN 58 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan kegiatan mendongeng dengan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah guru sudah menggunakan 11 teknik mendongeng dalam cerita Anok Lumang, Anak Tujuh dan Ular N’Daung yang mengandung Amanat yang berhubungan dengan pendidikan karakter tanggung jawab dan mengaitkannya dalam kehidupan siswa yaitu (1) biasa menyelesaikan tugas pekerjaan rumah tepat waktu, (2) biasa mengerjakan latihan soal sampai selesai, (3) berani menanggung resiko jika tidak piket kelas, (3) selalu mengucapkan kata-kata yang baik kepada guru dan teman-temannya. Karakter tanggung jawab ini muncul diteknik penguasaan materi cerita dan kesimpulan. Pada teknik kesimpulan ini ditemukan peneliti pada saat guru mendongeng untuk mengklarifikasi pesan moral dalam cerita. Saran dalam penelitian ini adalah sebaiknya seorang pendongeng harus benar-benar menjiwai cerita baik yang terlihat dari ekspresi mimik muka dan intonasi suara.