STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM MEMBIASAKAN SIKAP BERADAB PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA BENGKULU

Main Authors: FILANTI, DELTA, Juarsa, Osa, Lukman, Lukman
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12158/1/Skripsi%20Dedi%20Syahputra.pdf
http://repository.unib.ac.id/12158/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam membiasakan sikap beradab siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui triangulasi tekhnik. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian ini yaitu 1) Guru sebagai pembimbing melakukan bimbingan kepada siswa kelas IV dalam membiasakan sikap beradab siswa terhadap guru melalui metode taklim, metode pemberian nasihat dan memberikan perhatian, metode keteladanan, metode pembiasaan. Sedangkan media yang digunakan berupa media elektronik dan media non elektronik. Nilai moral yang muncul dari proses bimbingan ini yaitu siswa menjadi taat kepada guru, mampu bekerja sama, saling menghargai, bertanggungjawab terhadap perbuatan, peduli, murah senyum, sopan terhadap guru, tidak sombong, dan menghargai guru. 2) Guru sebagai pembimbing melakukan bimbingan kepada siswa kelas IV dalam membiasakan sikap beradab siswa terhadap teman sebaya pada umumnya metode yang digunakan hampir sama dengan guru membimbing siswa membiasakan sikap beradab terhadap guru. Hanya saja terdapat perbedaan pada proses pelaksanaannya. 3) Guru sebagai pembimbing dalam menetralisir terjadinya hal-hal yang kurang beradab pada saat pembelajaran di Kelas yaitu dengan menggunakan metode pemberian nasihat dan pemberian hukuman, metode keteladanan, metode langsung, dan metode tidak langsung, Metode Pemberian hadiah (reward). Media yang digunakan guru yaitu dengan menggunakan media audio berupa rekaman suara, cerita.