KUALITAS PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) PROVINSI BENGKULU

Main Authors: Abdullah, Chairil, Tarigan, Jarto, Hardayani, Yorry
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12138/1/Skripsi-Final_DOKUMENTASI-Samsat_merged.pdf
http://repository.unib.ac.id/12138/
Daftar Isi:
  • Penelitian tentang kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor pada kantor Samsat Provinsi Bengkulu bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kualitas pelayanan yang diberikan pegawai SamsatProvinsi Bengkulu. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, teknik yang digunakan dalam penentuan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Insidental (Informan yang dipilih secara kebetulan yang berada dilokasi dan informan tersebut cocok dijadikan sebagai sumber data). Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada pihak kantor Samsat Provinsi Bengkulu. Informan yang berjumlah 11 orang terdiri dari 4 orang pegawai Samsat dan 7 orang pengguna jasa.Data dianalisis dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa kantor Samsat telah melaksanakan kerjanya untuk memberikan pelayanan dan mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan kepada wajib pajak. Dari hasil penelitian dan pembahsan yang telah peneliti uraikan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Kehandalan (Reliability)Kehandalan pegawai Samsat dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak sudah memuaskan. 2. Daya Tanggap (Responsivenes) Dalam menanggapi keluhan wajib pajak, pegawai Samsat belum memberikan tanggapan yang memuaskan bagi wajib pajak. 3. Jaminan (Assurance) Jaminan penyelesaian kerjanya dalam koordinasi untuk melayani wajib pajak masih kurang baik. 4. Empati (Emphaty) Perhatian secara individual yang diberikan Petugas Samsat terhadap wajib pajak sudah cukup baik. 5. Bukti Langsung (Tangibles) Bukti langsung pelayanan Samsat salah satunya dapat dilihat dari fasilitas yang diberikan Samsat untuk wajib pajak belum cukup baik dikarenakan wajib pajak menilai negative tentang fasilitas yang diberikan pegawai Samsat Provinsi Bengkulu. Saran yang yang diberikan penulis kapda pegawai Samsat agar lebih meningkatkan lagi kinerjanya dan dari segi fasilitas agar lebih diperhatiakn keamanan dan kenyamanan wajib pajak dilihat dari Visi kantor Samsat yaitu terwujudnya pelayanan prima demi kepuasan masyarakat.