STUDI DESKRIPTIF MENGGAMBAR ILUSTRASI MANUSIA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Main Authors: PRATAMA, ARIS WIRA, Hasnawati, Hasnawati, Lusa, Herman
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12132/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/12132/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mendeskripsikan proses dan hasil karya siswa dalam menggambar ilustrasi manusia pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas VA SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Teknik keabsahan data yaitu (1) perpanjang pengamatan (2) triangulasi teknik (observasi, wawancara, dan dokumentasi) dan (3) member check. Teknik analisis data yaitu: (1) data reduction, (2) data display, dan (3) conclusion drawing/verification. Hasil penelitian yaitu (1) proses menggambar ilustrasi manusia terdiri atas tiga langkah yaitu: (a) gagasan, seluruh karya memiliki satu tema “ilustrasi manusia” dengan dua topik yaitu “manusia dengan alam” sebanyak 14 siswa dan “aktivitas siswa di sekolah” sebanyak 22 siswa; (b) sketsa, menggunakan pensil 2B dan terdapat lima jenis garis untuk membuat pola dasar; dan (c) pewarnaan, menggunakan pensil warna dan crayon, terdapat campuran warna dengan corak warna realis; (2) terdapat 36 karya siswa yang terbagi atas: (a) unsur terlihat lengkap sesuai dengan prinsip dan azas desain sebanyak 21 siswa, (b) unsur terlihat lengkap tetapi belum sesuai dengan prinsip dan azas desain sebanyak delapan siswa, dan (c) unsur terlihat belum lengkap sebanyak tujuh siswa. Simpulan penelitian yaitu (1) siswa dapat menggambar ilustrasi manusia dengan langkah: menentukan gagasan, membuat sketsa, dan pewarnaan; (2) tiap hasil karya memiliki nilai keindahan yang berbeda-beda, keindahan hasil karya siswa dapat dilihat berdasarkan unsur, prinsip, dan azas desain yang ada pada seni rupa.