PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN NONMEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN 27 KOTA BENGKULU
Main Authors: | DEWI, APRILIA, Resnani, Resnani, Agusdianita, Neza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12126/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/12126/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar dan nonmedia gambar pada siswa kelas V SDN 27 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Two Group Posttest-only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 27 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh yaitu siswa kelas VA berjumlah 34 sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas VB berjumlah 35 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis puisi. Pengumpulan data dalam penellitian ini dilakukan dengan menggunakan tes (posstest). Hasil penelitian menunjukkan dengan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis puisi siswa pada kelas eksperimen sebesar 72.06 dan pada kelas kontrol sebesar 62.00. Selain itu, berdasarkan hasil uji-t diperoleh sebesar 3.56 lebih besar dari pada nilai sebesar 1.67 pada taraf signifikan 5 %. Hasil perhitungan uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media gambar dan kelas nonmedia gambar.