EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UNIT PELAYANAN PENDAPATAN PROVINSI (UPPP) PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UNIT PELAYANAN PENDAPATAN PROVINSI (UPPP) DI UNIT PELAYANAN PENDAPATAN PROVINSI (UPPP) SAMSAT KOTA BENGKULU
Main Authors: | Annisa, , Roeliana, Loesida, Nursanty, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12124/1/SKRIPSI%20ANNISA%20%28D1D012050%29.pdf http://repository.unib.ac.id/12124/ |
Daftar Isi:
- Efektivitas dalam pelayanan sangatlah penting, baik dalam suatu organisasi maupun dalam sistem pemerintahan. Oleh Karena itu, efektivitas pelayanan memerlukan perhatian agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Pajak mempunyai peran yang sangat penting untuk menopang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan salah satunya adalah pajak kendaraan bermotor. Besar perolehan pajak salah satunya ditentukan oleh pelayanan yang diberikan. Adapun tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4 di UPPP Samsat Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan 10 informan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aspek-aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah, ukuran waktu pelayanan, ukuran biaya pelayanan, ukuran nilai sosial, dan ukuran ketelitian pelayanan. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan di UPPP Samsat Kota Bengkulu dari waktu penyelesaian pelayanan sudah efektif namun belum optimal karena jika dihitung mulai seseorang datang kemudian harus menunggu antrian maka tidak dapat dikatakan efektif, namun bila wajib pajak langsung mendapat giliran antrian dapat dikatakan efektif, dilihat dari nilai sosial yang maksudnya adalah sikap para petugas dalam memberikan pelayanan sudah efektif dan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat, dan dilihat dari ukuran ketelitian dalam tertib penyelenggaraan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor sudah sesuai dengan yang diharapkan masyarakat dan petugas sudah termasuk teliti dalam memberikan pelayanannya. Dari aspek di atas dan penelitian yang sudah dilakukan mengenai efektivitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di UPPP Samsat Kota Bengkulu telah dilakukan sesuai dengan yang diharapkan dan masyarakat mengatakan sudah merasa puas. Walau masih ada kendala-kendala kecil yang membuat pelayanan yang diberikan belum optimal. Adapun rekomendasi dari peneliti mengharapkan agar pelayanan yang ada pada UPPP Samsat Kota Bengkulu agar terus ditingkatkan dan dipertahankan.