KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VB SEKOLAH DASAR NEGERI 05 KOTA BENGKULU

Main Authors: Foes, Antoneta, Resnani, Resnani, Agusdianita, Neza
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12122/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/12122/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru mengelola kelas dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VB Sekolah Dasar Negeri 05 Kota Bengkulu. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sumber data penelitian adalah guru kelas VB Sekolah Dasar Negeri 05 Kota Bengkulu. Instrumen penelitiaan adalah lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji kredibilitas data melalui perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru mengelola kelas dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup (1) penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal (bersifat preventif) dan (2) pengembalian kondisi belajar yang optimal (bersifat represif) dari kedua komponen tersebut dinyatakan sudah terlaksana seperti gerak guru dalam posisi mendekati siswa, memberikan reaksi terhadap gangguan dan ketakacuhan siswa, memberi perhatian secara visual dan verbal, memberikan petunjuk yang jelas, memberi penguatan. Sedangkan indikator yang belum terlaksana seperti, memandang siswa secara seksama, memusatkan perhatian kelompok, memberi teguran secara jelas dan tegas, memodifikasi tingkah laku, pengelolaan kelompok, dan menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.