MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI BERMAIN PERAN MIKRO ( Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok B di PAUD Dwi Wardani, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu)
Main Authors: | susanti, Yumi Olva, Saparahayuningsih, Sri, Delrefi, Delrefi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12106/1/SKRIPSI%20YUMI.pdf http://repository.unib.ac.id/12106/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui bermain peran mikro. Apakah bermain peran mikro dapat meningkatkan kemampuan berbicara.? Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B PAUD Dwi Wardani Kota Bengkulu sejumlah 15 orang yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Siklus pada penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik statistik dengan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 kemampuan berbicara melalui bermain peran mikro dengan rata-rata 3.2 dengan kategori cukup. Pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 4.1 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan bahwa melalui bermain peran mikro dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Maka disarankan kepada guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak dapat menggunakan bermain peran seperti bermain peran mikro dan bagi peneliti berikutnya menggunakan bermain peran makro.